NqVbMapcMWF9NGNaMqFdLWxaMTcsynIkynwbzD1c

"Jangan Berbicara Sebelum Tahu Formula 3K"

Hubungi Kami

BLANTERLANDINGv101
2127914541336508734

"Jangan Berbicara Sebelum Tahu Formula 3K"

10/10/21

Berbicara di depan umum merupakan 1 dari 10 ketakutan utama manusia. "hal ini dibuktikan oleh hasil sebuah survei yang dilakukan sekelompok peneliti di Chapman University tahun 2014 lalu. penelitian mereka menguak fakta bahwa ketakutan berbicara di depan umum merupakan fobia paling umum yang dimiliki manusia. sekitar 25,3 persen responden survei mengaku ada perasaan cemas atau takut berlebih ketika harus berbicara di depan umum" dikutip dari liputan6.com

Begitu pentingnya kemampuan berbicara di depan umum atau yang lebih kita kenal dengan istilah public speaking. maka selayaknya setiap orang penting untuk belajar public speaking. Nah, sebagai tips bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan Public Speaking, mari kita kupas bersama tentang Formula 3K. Apa dan bagaimana 3K. K pertama adalah Kenali Diri. setiap manusia senantiasa dikarunia kelebihan dan kekurangan masing-masing. maka mengenali diri kita dengan tepat akan menumbuhkan rasa pencara diri. Petakan dulu sebanyak mungkin kelebihan diri kita, jika memungkinakan tuliskan 7 kelebihan yang Anda miliki, dan cukup tuliskan maksimal kelemahan diri. Fokuslah pada kelebihan yang kita miliki, karena rasa percaya diri tumbuh seiring cara pandang positif kita terhadap diri sendiri. sehingga citra diri positif dapat kita wujudkan.

Orang dengan citra diri positif akan senantiasa berfikir manfaat apa yang bisa kita berikan kepada orang lain. disinilah titik poin utama dari formula kenali diri. Mengenal secara mendalam hal apakah yang bisa kita berikan kepada orang lain ketika kita diberi kesempatan berbicara di depan umum. kita tidak dituntut untuk menjadi ahli dalam bidang apapun, melainkan satu keahlian yang kita kuasai dengan baik untuk selanjutnya kita sharing kan sehingga menginspirasi orang lain.

K kedua adalah Kenali Audience. mengenali audience adalah formula penting berikutnya untuk kita dalami. Pertanyaan 5W 1H bisa kita gunakan sebagai acuan dasar untuk mengenali audience. Usia, Pekerjaan, Latar Belakang, suasana dan keadaan serta tempat kita berbicara juga mempengaruhi kemampuan seseorang dalam public speaking. jika Anda diminta berbicara pada forum resmi dan tersedia podium atau mimbar khusus, maka pastikan Anda sudah mencoba naik sebelum acara inti berlangsung. "Gladi Bersih" dalam protokol acara resmi sesungguhnya merupakan salah satu teknik untuk menghilangkan nervous. Selanjutnya hal terpenting menguasai Audience adalah mengerti apa yang dibutuhkan oleh Audience dan memenuhinya.

K yang terakhir adalah Kuasai Materi. Penting bagi kita untuk berbicara tertata dan mudah dipahami pendengar. Maka buatlah struktur berbicara sebagai panduan utama kita agar tidak melenceng dari tema utama. saya biasa menggunakan teknik 5 jari untuk menyajikan sebuah presentasi Public Speaking. Caranya putus 5 Kata Kunci utama yang akan kita bahas dalam forum tersebut. Jika nanti Anda berkenan belajar Teknik Hipnosis atau Hipnoterapi, kita bisa melakukan "Ancor" 5 kata kunci tadi ke jari-jari tangan kita. Sehingga kita mampu berbicara tanpa teks dan mempesona seluruh Audience. Selamat Mencoba !

Ditulis oleh Mr Dwi Batman***

Motivator Bintang Kehidupan

CEO AL KAHFI Training Center

Jika Anda membutuhkan Pelatihan atau Pendampingan Public Speaking dan Skill Profesional lainnya, Anda dapat Menghubungi Admin mrdwibatman.com atau hubungi kontak Manajemen AL KAHFI Training Center yang ada di website ini. Terimakasih. Salam Sukses, Bahagia, Berkelimpahan

BLANTERLANDINGv101
  1. Masya. Allah.. sangat bermanfaat sekali artikelnya.. ditunggu artikel berikutnya ya.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Terimakasih Respon Positifnya

    BalasHapus

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang