NqVbMapcMWF9NGNaMqFdLWxaMTcsynIkynwbzD1c

Tips Mencegah Anak Kecanduan HP >>Motivator Bintang Kehidupan

Hubungi Kami

BLANTERLANDINGv101
2127914541336508734

Tips Mencegah Anak Kecanduan HP >>Motivator Bintang Kehidupan

29/10/21

Mobile phone atau yang akrab dipanggil HP oleh kebanyakan orang merupakan benda yang istimewa. karena HP bisa seperti sebuah pedang. ketika dipegang orang yang tepat maka akan menjadi manfaat. ketika dipegang orang yang tidak tepat maka akan menjadi bumerang. Menurut dr. Yunias Setiawati, SpKJ yang dipublikasikan dalam jawapos.com menyatakan bahwa "Kasus kecanduan ponsel pada anak-anak terus meningkat. Di Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja RSUD dr Soetomo, terjadi kenaikan signifikan pasien anak yang dinilai terlalu lekat dengan ponsel mereka." Berikut ini ciri anak kecanduan Handphone diantaranya :

>Bermain  HP 6-8 jam per hari

>Merasa cemas jika sebentar saja tidak memainkan HP

>Bisa sampai mengamuk bila dilarang menggunakan HP

>Kehilangan ketertarikan dengan dunia luar

>Berbohong kepada orang tua mengenai lama penggunaan ponsel

>Tidak merespon orang tua yang menyapanya

gambar dari jawapos.com

Lantas bagaimana mencegah terjadinya kecanduan Handphone bagi putra putri kita di rumah. berikut tips penting yang bisa kita lakukan. 

1. Tegaslah dalam memegang nilai-nilai kebaikan. jangan kalah dengan rengekan dan tangisan anak. karena kebanyakan kasus kecanduan terjadi awalnya karena perbiaran penggunanaan handphone tanpa kendali orangtua. Penting bagi orangtua untuk berkata tidak kepada anak di saat yang tepat sehingga bisa menjadi pembelajaran.


2. Buatlah jadwal kapan anak boleh menggunakan handphone. sepakati bersama anak waktu waktu yang diizinkan untuk boleh menggunakan handphone. khusus jam malam pastikan anak tidak bermain handphone di atas jam 9 malam. sebaiknya handphone di simpan orangtua. Karena kebiasaan begadang sambil bermain handphone sangat tidak baik bagi kesehatan. 


3. Rancang aktivitas bersama keluarga yang menyenangkan. pada dasarnya setiap anak menyimpan energi, maka penting bagi orangtua untuk menyalurkan energi yang melimpah pada anak untuk aktivitas positif yang lebih bermanfaat.


4. Pastikan anak kita merasakan kehadiran figur orangtua yang menyayangi dengan ketulusan. karena bahasa cinta yang tulus akan bisa menyentuh relung hati yang paling dalam.


5. Jikapun ikhtiar sudah kita lakukan belum berhasil, maka jangan lupa untuk senantiasa mendoakan kebaikan bagi anak-anak kita.


Selamat Mencoba. Mari Bangun Keluarga Bahagia yang sehat lahir batin. Selamat dunia Akherat.

Anda ingin mendapatkan inspirasi dan motivasi lainnya. Silahkan Tulis di kolom komentar. InsyaAlloh akan di respon secepatnya oleh 

Mr Dwi Batman***

Motivator Bintang Kehidupan


BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang