NqVbMapcMWF9NGNaMqFdLWxaMTcsynIkynwbzD1c

Tips Mencegah Penculikan Anak

Hubungi Kami

BLANTERLANDINGv101
2127914541336508734

Tips Mencegah Penculikan Anak

27/01/23
Saat tulisan ini dibuat sedang marak berita di media sosial tentang penculikan. Sebagai orang tua tentu hal ini merupakan berita yang memiliki energi negatif berupa kekuatiran. Apabila tidak dìsikapi dengan cerdas niscaya akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesejahteraan psikologis keluarga.

Nah untuk itu, sebagai bagian dari langkah solutif izinkan Mr Dwi Batman berbagi Tips untuk mencegah terjadinya penculikan anak. 

Pertama, pahami hakekat kehidupan bahwa yang menjamin keselamatan hidup seluruh manusia di semesta alam ini adalah Alloh Azza Wajalla. maka langkah pertama yang harus lakukan adalah perbaikan Ibadah, bagi laki-laki usahakan Sholat Subuh Berjamaah di masjid. karena jaminan dari Alloh akan diberikan bersama orang yang Sholat Subuh Berjamaah di Masjid. 

Rasulullah Saw bersabda

مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِى جَمَاعَةٍ فَهُوَ فِى ذِمَّةِ اللهِ

Barangsiapa shalat subuh berjamaah, maka dia dalam perlindungan Allah (HR, Ibnu Majah dan Thabrani).

Kedua, Hidupkan Amalan Sunah dalam keseharian. Ajari anak-anak kita Doa Doa Masnunah, Doa yang diajarkan Baginda Rasulullah Saw. karena setiap aktifitas yang diawali dengan Doa pasti menghasilkan kebaikan. Di antara Doa ketika keluar rumah yang harus diamalkan adalah Doa perlindungan dari orang jahat

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, janganlah sampai aku tersesat atau disesatkan (syaitan atau orang jahat), tergelincir atau digelincirkan orang lain, menganiaya atau dianiaya orang lain, dan berbuat bodoh atau dibodohi orang lain." (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi).

Termasuk juga Doa Dzikir pagi dan petang berikut ini bisa diamalkan 

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya:
“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Ketiga, setelah Perbaikan Ibadah dan Amalkan Doa- Doa Masnunah maka kita juga diwajibkan berikhtiar untuk melindungi anak anak kita dari korban penculikan. Diantara ikhtiar yang bisa dilakukan adalah :

* Memastikan anak anak kita sehat lahir dan batin saat keluar rumah

* Memastikan ke anak bahwa hanya  pulang dari sekolah bersama orang yang sudah dikenalnya dengan baik

* Tidak mudah menerima pemberian makanan atau minuman dari orang sembarangan. harus dipastikan makanan halal dan jelas sumbernya dari mana

* Jika berjalan kaki sebaiknya ada teman dan melewati jalur yang ramai bukan di jalur sepi yang berpotensi ada gangguan

* Usahakan anak hafal nomer HP orangtua agar dalam situasi darurat bisa menghubungi orang tua dengan cepat 

Keempat, Biasakan bersikap tenang dan jangan panik. karena  sesungguhnya di setiap masalah yang terjadi senantiasa tersedia solusi terbaik.

Kelima, Tawakal dan selalu bersangka baik kepada Alloh Swt. karena sesungguhnya tidak ada peristiwa apapun yang terjadi tanpa izin Alloh Azza wa Jalla. Yakinlah bahwa anak anak kita akan terlindungi dari bahaya penculikan jika kita semua telah menerapkan tips di atas. Demikian Semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang